Kamis, 20 Juni 2013

Nasehat-Nasehat Sayyidina ‘Utsman Ibn Affan R.a

“Di antara tanda-tanda orang yang bijaksana ialah: Hatinya selalu basah dengan dzikrullah, kedua matanya menangis karena penyesalan terhadap dosa, segala perkara di hadapinya dengan sabar dan tabah, serta lebih mengutamakan kehidupan akhirat daripada kehidupan dunia.”
“Bingung dalam memikirkan dunia akan menjadikan hati gelap, sedangkan bingung memikirkan akhirat akan menjadikan hati tenang.”
“Barang siapa yang meninggalkan gemerlapnya dunia, niscaya di sukai Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Barang siapa yang meninggalkan dosa-dosa niscaya ia di sukai para malaikat.
Dan barang siap yang mencegah tamak terhadap orang-orang muslim, niscaya ia akan di cintai kaum muslimin.”
“Dalam kehidupan di dunia ada 3 hal yang menyebabkan aku senang, 1. Memberi makan orang yang kelaparan hingga kenyang.
2. Memberi pakaian kepada orang yang tidak memiliki pakaian. 3. Membaca Al-Qur’an.
“Saya heran kepada orang yang tahu akan datangnya mati, namun ia tertawa.
Saya heran kepada orang yang tahu bahwa dunia ini akan rusak namun ia menyukainya.
Saya heran kepada orang yang tahu bahwa semua urusan itu berjalan sesuai keputusan Allah Subhanahu Wa Ta’ala, namun ia masih bingung karena urusan itu terkadang terlewati.
Saya heran kepada orang yang telah mengetahui adanya hisab, namun ia berlomba-lomba mengumpulkan harta.
Saya heran kepada orang yang mengetahui adanya neraka, namun ia malah berbuat dosa.
Saya heran kepada orang yang telah meyakini adanya surga, namun ia bersenang-senang dengan dunia.
Saya heran kepada orang yang mengetahui setan sebagai musuh, namun ia menaati ajakannya.”
“Manisnya ibadah dalam 4 hal, yaitu,
1. Dalam menunaikan apa-apa yang diwajibkan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 2. Dalam menjauhi segala yang dilarang Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 3. Dalam amar ma’ruf dan mencari pahala Allah Subhanahu Wa Ta’ala. 4. Dalam nahi mungkar dan memelihara diri dari murka Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar